Teten: Presiden Prioritaskan Penyelesaian Relokasi Sinabung

JAKARTA– Kamis (4 Agustus 2016) siang, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menerima Bupati Karo Terkelin Brahmana di Kantor Staf Presiden, membahas beberapa isu aktual dan kondisi terkini di kabupaten terdampak letusan Gunung Sinabung.

KARO1Pada kesempatan ini, Kepala Staf Kepresidenan didampingi Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Eko Sulistyo dan Deputi V Bidang Kajian Politik dan Pengelolaan Isu-isu Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM Jaleswari Pramodharwardani. Sementara itu, Bupati Karo didampingi, antara lain, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Karo, Martin Sitepu dan Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Matius Sembiring.

Dalam pertemuan ini, Bupati Karo menyatakan kesiapannya melanjutkan relokasi hunian tetap dan hunian sementara agar warga tidak lagi di barak-barak pengungsian. Terkelin mengakui adanya kesulitan dalam mendapatkan lahan, mengingat juga adanya penolakan dari warga di desa-desa tujuan relokasi. Ia memberitahukan bahwa Pemkab Tanah Karo saat ini sedang berkoordinasi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga Pemerintah Pusat untuk mendapatkan dukungan dalam pelaksanaan relokasi tersebut.

Merespon hal itu, Teten menyatakan akan memfasilitasi pengambilan keputusan antar Kementerian/Lembaga, terutama melibatkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya terkait dengan kebutuhan lahan di sekitar kawasan relokasi Siosar. Sebagai catatan, kini di kawasan Siosar sendiri telah didiami oleh 370 keluarga Relokasi Tahap I dari Desa Bekerah, Desa Simacem, dan Desa Sukameriah.

Pada pagi harinya baik Teten maupun Terkelin menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendalian Inflasi Daerah di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

karo2“Dalam kondisi perekonomian seperti ini, untuk dua tahun ke depan, pertumbuhan ekonomi kita sangat mengandalkan belanja pemerintah dan sektor konsumsi,” kata Teten. Untuk itu, ia mengajak agar kepala daerah turut membangun optimisme pada kuartal tiga perekonomian tahun ini. “Jadi diharapkan, pada kuartal keempat, pasar kembali pulih,” kata Teten. Ditegaskannya, di tengah lesunya perekonomian negara-negara besar, dunia menggantungkan pertumbuhan dunia pada Indonesia, China, dan India.

Teten Masduki juga menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo memiliki concern besar terhadap Sumatera Utara, sebagai provinsi motor penggerak ekonomi. “Pertumbuhan ekonomi kita bertopang pada sektor pariwisata dan industri. Dan, keberadaan Danau Toba memberi peran besar sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata,” kata Teten.

Rencananya, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 yang dihadiri Presiden Joko Widodo akan dipusatkan di Danau Toba pada 20-21 Agustus mendatang, dimeriahkan beragam atraksi budaya dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. “Even besar ini menjadi kehormatan bagi provinsi Sumatera Utara. Masyarakat Karo siap menyukseskan puncak perayaan HUT Kemerdekaan ke-71,” kata Bupati Karo.

Seperti ditayangkan di http://ksp.go.id/teten-presiden-prioritaskan-penyelesaian-relokasi-sinabung/

This entry was posted in KSP and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s