Arsip Berita Jojo: Banda Aceh, 22 Januari 2005

Nasional

Idul Adha Jadi Tonggak Kebangkitan Aceh
Sabtu, 22 Januari 2005 | 05:03 WIB

acehduaTEMPO InteraktifBanda Aceh: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak rakyat Aceh untuk menggunakan momen Idul Adha menjadi tonggak membangun Aceh ke depan. Pernyataan itu disampaikan Presdien seusai salat Idul Adha di Banda Aceh, Jumat (21/1).

Presiden salat bersama warga di Masjid Raya Baiturrahman. Rombongan Presiden antara lain Kepala Polri Jendral Da’i Bachtiar, Panglima TNI Jendral Endriartono Sutarto, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Alwi Shihab, Menteri Luar Negeri Hasan Wirayudha, Menteri Dalam Negeri M. Ma’ruf, Menteri BUMN Sugiharto, dan juru bicara Kepresidenan Andi Alfian Mallarangeng.

Seusai salat, Presiden menyerahkan hewan korban. Kepada enam wakil warga Aceh, Presiden menyerahkan paket peralatan dapur, sarung koko, timbangan badan, serta mesin jahit. Selain itu, diberikan pula bantuan telepon seluler yang diterima Wakil Kepala Staf Angkatan Darat yang juga Wakil Ketua Tim Nasional Penanganan Bencana Aceh Letnan Jenderal Djoko Santoso.

Kepada wartawan Persiden mengatakan, perlunya seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama membangun Aceh. “Selalu ada jalan terbaik untuk kita,” katanya. Presiden menekankan, “Jangan terus melihat ke belakang, tapi mari bersama membangun kembali Aceh.”

Tentang nasib anak-anak Aceh pascabencana, Presiden menegaskan, “Bukan hanya melindungi, tapi kita juga wajib membangun masa depan mereka. Masih panjang jalan yang harus dilakukan untuk anak-anak kita. Negara bertanggung jawab atas semua itu,” tandas Presiden.

Presiden juga mengatakan, tonggak waktu yang dimaksudnya tiga bulan pascabencana adalah timeline, bukan deadline. “Kami menerapkan waktu itu sebagai target, untuk adanya akselerasi percepatan dan meraih hasil yang signifikan selama tiga bulan pascabencana,” katanya.

Bisa jadi, kata dia, setelah 26 Maret masih membutuhkan kehadiran personil, perlengkapan, dan tenaga ahli dari negara lain untuk melanjutkan pekerjaannya.

Jojo Raharjo-Tempo News Room

This entry was posted in jalan-jalan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s