Arsip Berita Jojo: Banda Aceh, 11 Januari 2005

Nasional

Pemerintah Pusat Kirim 500 Relawan yang Digaji ke Aceh
Selasa, 11 Januari 2005 | 10:19 WIB

 relawanTEMPO InteraktifBanda Aceh: Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Alwi Shihab menyatakan, pemerintah akan mengubah pendekatan penggunaan tenaga kerja dalam membangun Aceh. “Tenaga sebanyak 500 orang secara khusus akan dikirim ke Aceh. Mereka sebagai relawan, tapi digaji,” kata Alwi dalam rapat koordinasi harian di ruang pendopo Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam, Senin (10/1) malam.

Kriteria pekerja ini antara lain harus memiliki ketahanan fisik yang kuat. “Mereka akan dikirim khusus dari Jakarta secara bertahap. Untuk tahap pertama sekitar 200 orang segera diberangkatkan,” papar Alwi dalam rapat yang berakhir pukul 22.45 WIB itu.

Pada kesempatan itu, Alwi juga menyampaikan himbauannya kepada para koordinator relawan untuk mewaspadai penurunan kemampuan anak-buahnya. “Kalau ada koordinator yang mengetahui stamina teman-temannya mulai turun, tolong dinasehati, jangan dipaksakan,” lanjutnya.

Alwi optimis rekonstruksi Kota Banda Aceh dapat berlangsung lebih cepat, terutama setelah diterapkannyashift malam bagi para relawan. “Hasil rapat dengan Menteri Pekerjaan Umum diputuskan mulai Selasa (11/1) ada aturan bahwa tiap satu peralatan akan dioperasikan oleh tiga orang operator. Kami menekankan disiplin ketat terhadap penggunaan alat,” ujarnya.

Jojo Raharjo-Tempo News Room

Ditayangkan di  http://tempo.co.id/hg/nasional/2005/01/11/brk,20050111-11,id.html

This entry was posted in journalism and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s