Arsip Berita Jojo: Banda Aceh, 11 Januari 2005

Nasional

Kayu Sitaan untuk Bangun Aceh
Selasa, 11 Januari 2005 | 10:14 WIB

kayu3TEMPO InteraktifBanda Aceh:Untuk mengatasi persoalan kelangkaan kayu guna membangun kembali Aceh pasca bencana gempa bumi dan tsunami, Panglima TNI Jendral Endriartono Sutarto berencana menggunakan kayu sitaan yang kini menumpuk di gudang-gudang TNI. Usulan itu disampaikan Sutarto pada rapat koordinasi yang berlangsung pada Senin (10/1) malam di Banda Aceh.

“Saat ini ada banyak kayu sitaan yang status hukumnya berada dalam proses pengadilan. Kami akan pikirkan, apakah mungkin barang bukti itu dibarter misalnya dengan papan, sehingga kayu-kayunya bisa didorong ke Aceh dan berguna bagi orang banyak,” kata Sutarto. Panglima berjanji akan meninjau berbagai upaya celah hukum untuk penyiasatan menukar kayu-kayu itu dengan barang bukti lain.

Ketika ditemui Tempo seusai rapat koordinasi yang berakhir tengah malam itu, Sutarto mengaku tak tahu persis berapa jumlah kayu sitaan yang menumpuk itu. “Ada ribuan ton, baik di gudang TNI di Jakarta maupun Surabaya. Sayangnya, kami tak memiliki alat pengolahan kayu-kayu itu. Jadi sayang kan, kalau kayu-kayu itu jadi membusuk dan mubazir,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Alwi Shihab itu, perwakilan dari Departemen Perumahan Rakyat mengeluhkan sulitnya mencari kayu di Aceh, sehingga muncul pemikiran untuk mendatangkan kayu-kayu dari Riau dengan harga khusus. “Akibat moratorium ilegal logging, sebanyak 12 pemilik hak penguasaan hutan tak beroperasi di Aceh,” ujar pejabat itu.

Jojo Raharjo

seperti ditayangkan di http://tempo.co.id/hg/nasional/2005/01/11/brk,20050111-10,id.html

 

This entry was posted in journalism and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s