Cyrus Network: Warga DKI Lebih Percaya Ahok Daripada DPRD DKI Jakarta

Seperti tayang di RRI Online

cyrus2KBRN, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dinilai sebagai Gubernur yang arogan dan temperamental, namun dianggap tegas dan berani.

Selain itu, Ahok juga dinilai lebih dapat dipercaya dibandingkan DPRD DKI Jakarta. Bahkan Ahok dinilai masih layak memimpin DKI Jakarta di periode berikutnya.

Hal itu terungkap dari hasil ‘Survei Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Gubernur dan DPRD DKI Jakarta’, yang diselenggarakan oleh Cyrus Network pada 2-7 Maret 2015 lalu. Survei ini secara khusus menjaring opini warga DKI Jakarta terhadap Gubernur dan DPRD DKI Jakarta. “Secara umum 17,5 persen responden menilai Ahok sebagai Gubernur yang temperamental, arogan dan kasar. Namun demikian 50,3 persen responden menilai sikap yang ditunjukkan oleh Ahok selama ini sebagai ketegasan dan keberanian,” kata CEO Cyrus Network, Hasan Nasbi, dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Hasil survey itu juga menunjukkan apresiasi warga Jakarta terhadap kinerja Ahok lebih tinggi jika dibandingkan dengan apresiasi warga terhadap kinerja DPRD DKI Jakarta. “Dalam rentang nilai 1-10, warga Jakarta memberikan nilai 6,34 untuk Ahok,” katanya.

Sedangkan penilaian untuk DPRD DKI Jakarta, publik memberikan nilai 5,96. “Bahkan 54,8 persen responden menilai DPRD DKI Jakarta dianggap tidak mewakili kepentingan warga Jakarta,” ujar Hasan Nasbi.

Terkait dengan konflik antara Ahok dengan DPRD DKI Jakarta soal APBD DKI 2015, sebanyak 54,8 persen responden mengaku mengikuti perkembangan isu dan 63,4 persen diantaranya menilai Ahok lebih dipercaya. Kepercayaan publik terhadap Ahok jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kepercayaan publik terhadap DPRD DKI Jakarta yang hanya 8,6 persen.

Jumlah responden dalam survei ini adalah 1.000 orang, yang tersebar secara proporsional di seluruh Kelurahan di Jakarta, dan diwawancara melalui tatap muka. Tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95 persen, dengan margin of error sekitar 3,1 persen. (RBR/BCS)

This entry was posted in politic and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s