Tiang Penting di Tangerang

Ini juga liputan tentang seni, tak beda dengan kelompok sebelumnya yang memotret galeri seni di Bandung. Bedanya, dengan gaya bertutur, Galeri Tiang lebih ‘bercerita’.

Tak sengaja bertopik hampir sama dengan Galeri Sarasvati, kelompok yang digawangi Vony Darmanto, Fathania Baiqilla, Bilqis Naufi, Ageng Putra Kusdinar, Nikolaus Harbowo, dan Steven memilih profil galeri seni. Tak usah jauh-jauh ke Bandung, tim Ocol mengekspose Galeri Tiang yang sangat kondang di Tangerang. Selain terkenal karena sering mengisi berbagai acara, off air maupun on air di media elektronik, komunitas seni ini pernah menjadi sorotan saat diobrak-abrik Satpol PP Kota Tangerang.

Memilih gaya bertutur Edi Bonetski –salah seorang pentolan Galeri Tiang selain Yayat Lesmana, cerita menjadi lebih hidup. Kelemahan ada pada audio, misal saat bertanya ke Edi, suara penanya kerap tak terdengar, karena tak ada clip-on atau mike diarahkan pada penanya. Kalau memang alasan keterbatasan alat, coba pakai cara lain, misal pertanyaan ditulis sebagai flash text.

Masalah kecil yang tak bisa dianggap kecil yakni akurasi. Biasakan menulis nama orang dalam minimal dua kata, kecuali jika namanya memang hanya satu kata saja. Yayat Lesmana merupakan tokoh besar dalam dunia seni Tangerang, dan merupakan pendiri sekaligus tiang utama Galeri Tiang. Sangat aneh kalau kemudian CG (character generator) nya hanya ditulis satu kata –salah pula- ‘Yayan’.

Juga lucu pula menanyakan, “Apa saja karya yang sudah Anda hasilkan?” Lalu Yayat menjawab agar reporter membuka google dan youtube. Ini sebuah kisah konyol. Itulah pentingnya riset, riset, dan riset, observasi, observasi, dan observasi sebelum mengeksekusi sebuah liputan. Ingatlah, bahwaroses pra produksi tak kalah penting dibandingkan produksi dan pasca produksi.

Terlepas dari itu, pemilihan tema yang unik dan belanjaan visual yang keren, menghasilkan profil yang ‘nyeni’!

This entry was posted in campus, journalism and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s