Ide Melipir dari Teddy Bear

Wartawan harus awas terhadap segala sesuatu yang unik dan bisa jadi sumber berita. ‘Tarki TV’ sukses menemukan kejanggalan jenis pohon Natal jadi berita menarik.

Empat mahasiswi dalam kelompok ini, Elsa Fenira, Nilam Tyas, Sella Ayu, dan Yohanna Reifina, memilih angle unik dalam pengerjaan Ujian Akhir Semester mata kuliah Jurnalistik STIKS Tarakanita. Ide yang ‘melipir’ alias tidak biasa, ditemukannya saat melihat ratusan boneka Teddy Bear tergantung di sebuah mal –mestinya disebut saja di mana lokasi pohon Natal itu berada.

Dalam evaluasi UAS kelompok lain, sempat ditekankan ‘avoid the list’, hindari penyebutan daftar kalau memang visual tak selaras dengan naskah. Yang hebat dari kelompok ini, narator menyebut dengan tempo yang pas –tidak terlalu cepat- dan visual memadai saat menyampaikan aneka pohon Natal yakni “Hingga kini pohon Natal menjadi dekorasi wajib, bentuknya pun beragam, dari pohon Natal balon yang lucu, menarik…”

Musik latar yang menyertai paket ini pun sesuai. Kurangnya, yakni tak menampilkan detail boneka Teddy Bear yang berkoloni jadi pohon Natal itu. Kalau memang alasannya ada garis pemisah, yang tak memungkinkan reporter menyentuh, seharusnya juru kamera bisa mengambil angle lebih close lagi tanpa harus melanggar garis batas.

Memang akan jauh lebih asyik, jika tak hanya memampilkan wawancara/vox pop dan parade pose pengunjung, tapi ada keterangan dari sang empunya dekorasi. SOT (sound of tape) public relations officer atau juru bicara mal akan menjadi jawaban mengapa memilih Teddy Bear, apa filosofinya dengan Natal, berapa jumlah persis boneka itu dan lain-lain.

Overall, ide keren, gambar jernih, musik latar oke, serta durasi mantap –tidak terlalu panjang.

This entry was posted in campus, journalism and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s