Kesalahan Kesalahan Kecil di Paket Liputan nan Ekselen

Liputan Natal yang kaya warna dengan visual amat cerah. Sayang, beberapa error mendasar mengganggunya.

Paket Ujian Akhir Semester mata kuliah Jurnalistik STIKS Tarakanita yang dikerjakan Melati Judith, Natalia Putri, Christine Naibaho, Vivin Suryawati, dan Felly Hioe ini punya beberapa keunggulan. Gambarnya tajam, anglenya fokus, serta tak lupa mencantumkan lokasinya di Mal Citraland, Jakarta Barat. Waktunya pun pas, tidak terlalu panjang sebagaimana durasi beberapa paket serupa yang ‘molor’ jadi lebih dari 3 menit.

Diawali dengan musik latar sesuai tema, Judith ber- ‘walk and talk’ di awal PTC (piece to camera)-nya. Aksesoris yang dikenakan Judith menunjang keceriaannya selaras tema yang ditampilkan. Dengan ‘show’ lebih cair, mencoba bersentuhan langsung dengan obyek yang menjadi topik utama.

Sayang, pada beberapa pengambilan gambar, misalnya saat mengawali dialog dengan Corry selaku penjual aksesoris, angle posisi Judith membelakangi kamera lalu cenderung hanya tampak sebagian (gambar wayang). Sebaiknya, saat Judith bertanya dengan penuh semangat, “Bagaimana antusiasme pembeli jelang perayaan Natal ini?” kamera fokus menyorot ‘one-shot’ padanya.

Penggunaan CG alias character generator untuk memberikan penjelasan tema apa yag sedang dibahas sebenarnya amat membantu. Hanya saja, ada beberapa masalah elementer, misalnya penggunaan bahasa Indonesia yang kurang tepat. Dalam CG tertulis ‘Antusias pengunjung terhadap aksesoris Natal’, seharusnya tertulis ‘antusiasme’, atau dibalik ‘Pengunjung Mal Antusias Meminati Aksesoris Natal’. Selain masalah huruf awal dalam setiap kata yang seharusnya berupa huruf besar.

Begitupula dalam CG ‘Sebagian Aksesoris Di impor dari Cina’. Penggunaan ‘di’ kata kerja seharusnya disambung menjadi ‘diimpor’, sementara penyebutan Cina yang benar adalah ‘Tiongkok’ atau ‘China’. Satu lagi, agak janggal juga, di antara topik penjualan aksesoris Natal, kemudian menanyakan persiapan Natal dari wiraniaga penjual aksesoris itu.

Selebihnya, pujian untuk paket ini: tajam, fokus, dan runtut alurnya. Karya yang keren!

This entry was posted in campus and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Kesalahan Kesalahan Kecil di Paket Liputan nan Ekselen

  1. Felly Hioe says:

    Terima kasih pak Jojo atas masukkan-nya. Will keep learning and improving our competencies, Sir!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s