Mengagumi Pemimpin Berkuda

Laporan live yang lancar, banyak gambar pendukung, dan mengutamakan atmosfir alias natural sound di lokasi. Sayang, kurang mengeksplorasi sisi unik yang bisa ditonjolkan.

Bagi setiap mahasiswa yang saya beri tugas mengumpulkan liputan jurnalistik televisi, selain mengumpulkan materi live on tape dalam CD atau link you tube, saya juga mewajibkannya untuk menuliskan semacam “kesan”. Narasi ini berupa cerita proses liputan, keluh-kesah, kendala teknis atau apa saja yang menjadi impresi liputan di ajang akbar seperti itu.

Sembari menulis bahwa liputannya dilakukan dengan piranti Canon 600 D, Bernadinus Adi berkisah tentang kesannya meliput kampanye Partai Gerindra di Gelora Utama Bung Karno. “Pengalaman meliput kampanye ini sangat unik. Baru pertama kali ini saya melihat ada kampanye dengan kuda,” katanya.

Kelebihan liputan ini, Bernad me-roll lepas atmosfir atau natural sound suara liputannya, sehingga tampak suasana asli di lokasi. Ia pun melengkapi dengan gambar pendukung yang cukup memadai, meski sayang bagian parade kudanya tak menampilkan sang tokoh utama, Prabowo Subianto.

Sayangnya, selain miskin CG dan kurang selaras penampilan video dengan narasi yang diucapkan, Bernad kurang menggali lebih dalam sisi istimewa liputan ini. Oke dia tak dapat Prabowo atau para pengendara lainnya, tapi akan jadi asyik kalau Bernad menggaet salah seorang atau lebih (vox pop) peserta / simpatisan kampanye, dan ditanya tanggapannya, “Apa kesan mereka terhadap atraksi berkuda sebagai diferensiasi kampanye yang tak pernah muncul di partai-partai lain ini…”

This entry was posted in campus, politic and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s