Liputan Jadi Berbeda dengan ‘Gimmick’ Show

Liputan kampanye Annas cukup hidup karena ada ‘show’ berbeda.

Selain antusiasme, kelebihan liputan live Muhammad Annas yakni saat ia menunjukkan kartu asuransi yang diterima para simpatisan Partai Hati Nurani Rakyat. Laksana pesulap, tangan kanan Annas kemudian mengeluarkan lima kartu asuransi keselamatan yang diberikan gratis kepada pendukung partai bernomor urut 10 ini.

Nilai plus lain, saat ia menggaet Dedy, seorang peserta kampanye yang jauh-jauh dari Bekasi datang ke Stadion Gelora Utama Bung Karno. Pertanyaan yang diajukan ke Deddy pun cukup tajam, “Pemilu nanti milih siapa?” Meski juga ada pertanyaan yang ‘mengambang’, misalnya, “Tujuannya apa, mas, Pemilu tahun ini?” Untung jawabannya mengena.

Kalaupun dibilang kurang, Annas kurang menjelaskan apa yang dimaksud asuransi kesehatan itu, bagaimana syarat mencairkannya, dan berapa lama jangka berlakunya, apakah hanya berlaku untuk perjalanan mengikuti dan sepulang kampanye, atau untuk masa yang lebih lama. Kelemahan lain, standar, kurang menampilkan Chargen/CG serta tak memberikan visual selaras narasi saat menyebut ada artis pendukung kampanye.

Proses dan kendala liputan

Annas memaparkan, dalam pengerjaan tugas liputan kali ini, ada beberapa kendala dan pengalaman yang dialami. “Masih ada rasa tidak percaya diri dan juga malas untuk melaksanakan tugas ini, namun ketika sudah meluncur ke lapangan, tiba-tiba ada masalah karena baterei kamera habis,” kisahnya.

Liputan pun diulang saat ada kampanye Hanura di Senayan. Membawa 2 kamera SLR, akhirnya –kembali masalah teknis, yang digunakan hanya satu saja. “Handphone yang kami gunakan pun hanya tinggal berisi setengah baterai untuk merekam suara rekaman dan stand-up,” katanya.

Annas berkisah, caranya mempersiapkan pertanyaan pun hanya berdasarkan spontanitas ketika berada dilapangan dengan membuat draft atau online di layar telepon seluler.

“Pemilihan narasumber karena saya melihat, dari gaya dan tampangnya  terlihat intelektual serta terpelajar, sehingga saya yakin dia akan mampu menjawab pertanyaan yang saya berikan dengan baik,” ungkapnya.

This entry was posted in campus, politic and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s