Selangkah lagi, Indonesia!

Presiden SBY saat mendukung timnas Indonesia melawan Filipina di Semifinal Piala AFF. Photo by Situs resmi kepresidenan.

Tinggal selangkah lagi tim nasional Indonesia akan mencatat sejarah sebagai Juara Piala AFF, sebuah prestasi yang belum pernah diraih sejak turnamen sepakbola antar negara Asia Tenggara ini digelar pada 1996 lalu.

Dalam partai semifinal kedua, Minggu (19/12) tadi malam, Firman Utina dan kawan-kawan kembali mengakhiri perlawanan Filipina 1-0 lewat gol tunggal Cristian Gonzales. Sebelumnya, pemain naturalisasi asal Uruguay ini jugalah yang mencetak kemenangan dengan skor serupa saat semifinal pertama yang juga digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (16/12) lalu.

Christian Gonzales mengaku gol yang diciptakan dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia. “Ini adalah tugas negara. Jadi gol yang saya diciptakan untuk masyarakat Indonesia yang terus mendukung timnas,” kata pemain berjuluk “El Loco” usai pertandingan.

Photo of this year? (taken from wall FB nya Moh. Anis. Suwun, mas.)

Sebagaimana semifinal pertama, pertandingan kedua melawan Filipina juga disaksikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Usai pertandingan, Presiden dan Ibu Negara yang ditemui wartawan menyatakan gembira dan bangga atas kemenangan Tim Garuda. Tapi, Kepala Negara juga meminta agar jangan lengah dan terus berkonsentrasi. “Teruslah kita berkonsentrasi untuk menghadapi final melawan Malaysia,” kata SBY. “Minta doanya supaya menang,” tandasnya sebagaimana dikutip situs kepresidenan.

Malaysia sudah menunggu di dua kali laga final, yang masing-masing digelar di Stadion Bukit Jalil, Minggu (26/12) dan di Jakarta (29/12). Di semifinal, tim negeri jiran ini mengalahkan Vietnam masing-masing 2-0 di Kuala Lumpur dan 0-0 di Hanoi. Sebelumnya, pada pertandingan perdana penyisihan grup A, Indonesia membantai Malaysia 5-1.

Euforia masyarakat sepakbola Indonesia harus terus dijaga. Kalau pada Juni-Juli lalu masyarakat lalu-lalang dengan kostum dan jaket tim luar negeri yang berlaga di Piala Dunia Afrika Selatan, kini kaos Garuda bertuliskan “Indonesia” mudah dijumpai di mana-mana. Pertanda, sepakbola menjadi pembangkit nasionalisme. Ayo Garuda…

* tulisan ini juga dimuat di http://www.espira.tv

This entry was posted in football evangelist and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Selangkah lagi, Indonesia!

  1. siswanto says:

    yo yo yo bal balaaannn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s