Kiat sukses mengirim demo musik

Kamu sedang membentuk grup musik bersama teman-temanmu dan pengen menembus jalur rekaman? Bagaimana caranya menembus industri label yang dikenal sebagai pintu gerbang kesuksesan para musisi –tapi penuh jalan terjal sebelum memasukinya? 

Banyak pemusik mengawali sukses dari mengirim album ke banyak label. Mencoba tak boleh menyerah.

Dalam edisi Oktober lalu, Nagaswara Magazine, sebuah media dwi bulanan di bawah naungan Nagaswara Musik Indonesia berbagi kiatnya bagaimana karyamu bisa diterima label. Perusahaan rekaman yang menaungi ratusan artis –antara lain grup musik Radja, Ruth Sahanaya, Delon, The Dance Company, Trio Macan, dan lain-lain ini menegaskan, untuk membuat sebuah lagu bisa diterima oleh label, gampang – gampang susah. Yang penting seh, kualitas rekaman kudu maksimal, kan dibuat label untuk dengerin demo. So, apa saja yang perlu dilampirkan dalam demo tersebut ya..

1.    Jangan lupa membuat proposal singkat. Gak perlu bertele-tele, to the point aja. Desainlah dengan menarik. Semakin artistik dan “art “, semakin menunjukan seperti apa kualitas bandmu.2. Cari dan buatlah daftar label sebanyak-banyaknya. Dan setelah kita anggap cukup, selanjutnya adalah mempelajari profil label tersebut, bisa lewat situsnya atau dengan menelpon. 

3. Urutkan materi demo yang paling potensial. Usahakan, cari yang detik awal musiknya sudah “mengena ” duluan. Istilahnya, lagu yang jadi jagoan. Urutannya bisa memakai polling-pollingan ke fans band kamu atau teman-teman untuk memastikan mana yang bakal dijagokan pertama, kedua dan seterusnya.

4. Selalu sertakan ‘contact person’ di setiap paket demo. Baik di proposal, cover ataupun di sticker CD Label. Contact person yang ga boleh tertinggal adalah alamat e-mail. Biasanya label ogah menghubungi kita langsung via telepon jika demo kita belum lolos, biasanya seh mereka lebih suka memberi kabar lewat e-mail.

5. Setelah semuanya bener-bener ok, langsung kirim deh. Lebih bagus dibawa secara langsung ke labelnya…

6. Dua-tiga hari setelah pengiriman, kontak label terkait untuk menanyakan apakah demo sudah diterima apa belum,.. Untuk keperluan ini, sebaiknya kamu telpon atau e-mail saja, tidak perlu datang langsung biasanya jawaban yang mereka berikan sama saja dengan jawaban di telpon

7. Kalo demo kita ternyata tidak lolos, jangan terlalu stress ato pengen bunuh diri, Masih banyak jalan menuju Roma. Solusi pertama ya bikin lagi terus kirimkan lagi, demikian deh seterusnya, Solusi yang lain ya kita rilis saja sendiri,.. move on indie ..

So,  selamat berjuang buat kamu calon musisi handal. Semoga karya – karya kamu bisa diterima label, tapi yang penting, bukan hanya diterima label, tapi bisa diterima masyarakat pecinta musik.

* artikel ini bersumber dari Majalah Nagaswara edisi Oktober 2010, yang bernaung di bawah PT Nagaswara Musik Indonesia juga dimuat di http://www.espira.tv

This entry was posted in information and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Kiat sukses mengirim demo musik

  1. zev says:

    bisa kirim ewat emIL GK Gn ?

  2. zev says:

    mksd ane bsa kirim lewat email

  3. dobz says:

    aslmkum..
    Sya mau tnya gmna cara brgbng dgn nagaswara agar musik”karya kami dpt di dngarkan lbih lluas..dan apakan akan di kenakan biaya.tx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s